Thursday, April 5, 2018

5 Cara Mengatasi Hp Android yang Lemot Tanpa Aplikasi



Memiliki smartphone terbaru dengan spesifikasi terbaik memang sangat membanggakan. Terlebih, bila smartphone tersebut keluaran brand ternama. Namun, sehebat apapun sebuah smartphone, pasti akan lemot apalagi bila digunakan lebih dari setahun. Anda bisa menerapkan cara mengatasi Hp android yang lemot di bawah ini untuk menguranginya.

Sebab, sehebat apapun sebuah ponsel pintar tersebut, mereka akan mengalami penurunan performa setelah beberapa tahun digunakan. Hal ini bisa terjadi karena beragam hal. Misalnya saja penggunakan smartphone yang berlebihan, bisa juga karena pemakaian ponsel pintar dengan menginstal aplikasi terlalu banyak yang membuat memorinya penuh.

Selain penyebab tersebut, sebenarnya masih banyak hal lain yang menjadi penyebab ponsel pintar berbasis android Anda lemot. Ini adalah hal yang lumrah, kok! Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Apakah harus menginstal aplikasi anti lemot? Tidak juga, Anda bisa mengatasi ponsel yang lemot tanpa aplikasi dengan cara berikut ini.


Cara Mengatasi Hp Android yang Lemot Tanpa Aplikasi


1. Pastikan Aplikasi Anda Up to Date

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ponsel android yang lemot adalah dengan rajin melakukan up to date aplikasi. Melakukan pembaharuan untuk setiap aplikasi dan sistem operasi adalah hal yang wajib dilakukan agar performa ponsel pintar Anda kembali baik. Anda bisa melakukan update dengan membuka Play Store.


Selain dengan cara ini, Anda juga bisa melakukannya dengan masuk ke menu Setting lalu klik About Device dan terakhir pilih Software Update dan lakukanlah pembaharuan. Cara ini bisa digunakan untuk semua jenis ponsel pintar dengan basis android. Ingat, jangan lewatkan pembaharuan ini, ya!

Pembaharuan ini bisa memperbaiki performa ponsel pintar Anda. Sebab, bila ada pembaharuan, berarti ada pembaruan tertentu yang terlewatkan oleh developer pada versi sebelumnya. Misalnya saja kekurangan berupa bug atau hal yang bisa meningkatkan performa aplikasi tersebut. Sayang sekali bila ini dilewatkan.

2. Bersihkan Home Screen

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hp android yang lemot tanpa aplikasi adalah dengan memberihkan Home Screen. Menggunakan Live Wallpaper memang memberikan efek keren pada ponsel pintar Anda. Namun, hal ini akan menggunakan ruang RAM yang cukup besar.


Ditambah ada banyak aplikasi yang secara diam-diam berjalan di background, hal ini jelas akan membuat ponsel pintar Anda lemot. Maka dari itu, sebaiknya jangan gunakan gambar bergerak atau wallpaper untuk mempercepat kinerja smatrphone Anda. Selain tidak menggunakan ini, bersihkan juga aplikasi yang berjalan di belakang layar.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Selain tidak menggunakan gambar bergerak sebagai cara untuk mengurangi kelemotan kinerja ponsel pintar Anda, sebaiknya Anda juga menghapus berbagai aplikasi yang tidak terpakai di ponsel Anda. Ini adalah salah satu cara mengatasi Hp android yang lemot yang bisa Anda tempuh.


Pasalnya, banyaknya aplikasi yang ada di ponsel pintar Anda akan memperberat kinerja smartphone Anda karena pemakaian ruang RAM yang ruang penyimpanan yang tak sedikit. Maka dari itu, sedianya aplikasi-aplikasi tersebut tidak Anda butuhkan atau memang sudah bosan menggunakannya, hapus saja. Ini akan baik untuk ponsel pintar Anda.

4. Kurangi Efek Animasi

Efek animasi sama saja dengan Live Wallpaper. Bisa membuat kinerja ponsel pintar Anda sangat lambat. Pasalnya, hal ini akan menggunakan Ram dan ruang penyimpanan yang besar. Untuk menonaktifkannya, Anda bisa masuk ke menu Setting lalu pilih System, pilih lagi About Phone. Setelah itu, klik lagi Build Number.


Ketuklah bagian ini sebanyak tujuh kali hingga muncul pesan bahwa Anda seorang developer. Ponsel Anda akan kembali seperti semula. Masuk lagi ke menu Setting, lihatlah bagian Systems. Anda akan mendapatkan menu developer options atau opsi pengembang. Ketuklah menu tersebut.

Pada tampilannya, pilih Windo Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animator Animation Scale. Aturlah sesuai keinginan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi efek animasi dalam ponsel android Anda. Selain bisa mengurangi efeknya, Anda bisa sekalian menonaktifkan efek ini. Tapi jika ingin ponsel tetap keren, sebagian pun tak masalah.

5. Bersihkan Cache Aplikasi

Hal lain yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi Hp android yang lemot adalah dengan membersihkan cache. Sebenarnya, cache ini memiliki fungsi untuk mempercepat beberapa aplikasi. Namun, cache ini juga bisa memakan ruang memori yang cukup besar dalam memori internal. Akibatnya, tentu saja kinerja ponsel Anda menjadi lebih lambat.


Membersihkan cache secara teratur bisa membuat kinerja ponsel pintar Anda yang lemot menjadi lebih baik. Anda bisa membersihkan cache ini sebagian saja, bisa juga dengan seluruhnya. Untuk membersihkan cache sebagian, Anda bisa masuk ke menu Setting lalu pilih Apps. Setelah itu, geser ke tab All dan temukan semua aplikasi di ponsel Anda.

Baik itu aplikasi bawaan dari ponsel ataupun aplikasi yang Anda unduh. Pilihlah cache yang ingin Anda bersihkan di sini. Namun, bila Anda ingin membersihkan cache secara menyeluruh, Anda bisa masuk ke menu Setting lalu pilih Storage. Setelah itu, pilih menu cached Data. Klik OK pada menu tersebut untuk menghapus semua cache yang ada.

Itulah beberapa cara mengatasi Hp android yang lemot tanpa aplikasi yang bisa Anda lakukan. Cara ini dijamin bisa mempercepat kinerja ponsel pintar Anda. Namun, Anda harus sering-sering mempraktikkannya dan jangan juga menginstal aplikasi yang tak perlu. Untuk lebih aman, baiknya jangan gunakan ponsel Anda terlalu lama dan berlebihan.


Artikel Terkait

This Is The Newest Post