Jumat, 03 November 2017

Urutan Versi Android Awal Sampai Sekarang

Tags

Urutan Versi Android – Sistem Operasi Android merupakan salah satu OS yang paling banyak diminati saat ini. Hal tersebut dikarenakan cukup banyak kemudahan dan kenyamanan dalam bersmartphone yang bisa didapatkan para penggunanya. Terlebih lagi, Google selakuk pemiliki OS Android selalu konsisten mengupgrade OS tersebut disetiap tahunnya. Dan hingga saat ini sistem Operasi paling baru yang dirilis Goole adalah OS Android v8.0 Oreo.

Namun, apakah kamu sudah tahu mengenai urutan versi android dari yang baru diriliskan pertama kali hingga yang terakhir saat ini? Mungkin saja ada yang belum tahu ya! Karena itulah untuk menambah wawasan kamu tentang urutan versi android dan namanya, kami akan ulaskan pada Artikel ini.

Urutan Versi Android

Urutan Versi Android Awal Sampai Sekarang 2017

Tingkatan versi android untuk saat ini sudah mencapai puncaknya dan menjadi pesaing berat bagi para kompetitornya, salah satunya IOS miliknya Apple. Memang tak bisa dielakkan lagi bahwasannya Android mampu menyita hati banyak pecinta gadget saat ini. Ditambah lagi semakin banyaknya para vendor HP yang menyematkan Sistem Operasi Android ini pada setiap produknya. Tak heran perkembangan Android sendiri menjadi sangat pesat dari waktu ke waktunya.
Berikut ini Juragan Ponsel rangkumkan urutan versi android dari terendah sampai tertinggi saat ini :

Android Alpha v1.0 Astro boy (Alpha)

Android Alpha v1.0 Astro boy (Alpha)

Urutan versi android yang paling awal adala Android Alpha. Versi satu ini adalah awal berdirinya Android dan karena hal tersebut OS tersebut masih belum diterapkan pada perangkat smartphone. Sejatinya OS yang pertama dari android ini memiliki nama Android Astro. Namun, dikarenakan nama tersebut sudah ada yang memiliki (hak cipta) akhirnya nama Aplha lah yang dipilih sebagai urutan pertama versi android ini. Memang bukan nama kudapan yang digunakan pertama kali pada versi awal ini, melainkan nama robot fiksi.

Android v1.1 Bender (Beta)

Android v1.1 Bender (Beta)

Ditanggal 5 November 2007, sang pembesut Android merilis kembali versi lanjutan dari OS Android Alphad yakni diberi nama Android Beta. Sebenarnya bukan Beta nama awal dari versi android kedua ini, melainkan namnya adalah Android Bender. Namun, lagi-lagi karena masalah Trademark atau hak cipta, akhirnya nama tersebut tidak jadi dipilih. Menariknya dari OS Android Beta satu ini adalah versi tersebutlah yang pertama kali diterapkan pada perangkat telepon, yakni pada HP HTC Dream.

Android v1.5 Cupcake

Android v1.5 Cupcake

Berlanjut ke Versi Android C meneruskan dari OS Android B sebelumnya, pada tanggal 30 April 2009 dirilislah OS Android v1.5 Cupcake yang memiliki banyak peningkatan dari sebelumnya. Inilah pertama kali nama kudapan diterapkan pada OS Android yang berlanjut secara konsisten pada versi setelahnya.

Android v1.6 Donut

Android v1.6 Donut

Berselang waktu sekitar 4 bulanan, pihak pemilik Android melakukan update kembali yang melanjutkan versi sebelumnya dengan menyandang nama depan Android D. OS Android v1.6 Donut kembali membawa peningkatan yang cukup signifikan dan pada saat inilah mulai banyak peminat dari OS tersebut. Salah satu peningkatan yang dibawa oleh Android Donut ini adalah pada sisi ukuran layar yang lebih besar. Selain itu, sejatinya OS android satu ini dihadirkan untuk menutupi bug yang terdapat pada versi sebelumnya.

Android v2.0 dan v2.1 Eclair

Android v2.0 dan v2.1 Eclair

Masih konsisten dengan mengambil nama kudapan, Android versi E ini diberi nama Eclair. Sama seperti sebelumnya, OS satu ini hadir untuk menutupi bug. Selain itu, perilisannya juga tak terlampu jauh yakni ada tanggal 26 Oktober 2009. Selain menutupi bug, ada beberapa fitur baru yang ditambahkan pada OS satu ini, seperti flash kamera, bluetooth, live wallpaper, multi-touch, digital zoom kamera, dan lain sebagainya.

Android v2.2 Frozen Yogurt (Froyo)

Android v2.2 Frozen Yogurt (Froyo)

Urutan versi android yang menyandang huruf depan F, masih sama seperti sebelumnya yang mengambil nama kudapan yakni Frozen Yoguert atau yang sering disingkat Android Froyo. Dengan munculnya OS Android v2.2 Froyo ini, membuatnya dilirik oleh banyak pecinta HP. Meskipun masih kalah saing dengan OS kompetitornya yakni Symbian dan Windows Mobile. Namun, setidaknya ini adalah tanda awal kesuksesan OS Android. Perilisannya sendiri, Android versi Froyo ini pada tanggal 20 mei 2010.

Android v2.3 Gingerbread

Android v2.3 Gingerbread

Urutan versi android selanjutnya diriliskan kembali pada tanggal 6 Desember 2010 yang lalu. Masih sama seperti sebelumnya, OS Android satu ini adalah awal kesuksesan Android untuk menguasai jagat smartphone. Diluncurkan bersamaan dengan Nexus S, dimana smartphone tersebut diproduksi oleh Samsung untuk seri Nexus menjadikannya mulai dikenal banyak orang. Meskipun kembali masih kalah saing dengan BlackBerry OS kal itu.

Pihak Samsung memang berperan sangat penting untuk perkembangan OS Android ini. Dengan teknik brandingnya yang sangat luar biasa, HP dari Samsung bersama OS Android Gingerbread banyak diminati. Karena hal ini, sampai-sampai banyak yang beranggapan OS Android sendiri adala miliknya Samsung.

Android v3.0 – v3.2 Honeycomb

Android v3.0 – v3.2 Honeycomb

Pada tanggal 10 Mei 2011 kembali lagi dilakukan upgrade versi android dari yang sebelumnya Gingerbread menjadi OS Android H yaitu Honeycomb. OS satu ini dihadirkan khusus untuk menunjang perangkat tablet.

Android v4.0 Ice Cream Sandwich

Android v4.0 Ice Cream Sandwich

Untuk urutan versi android satu ini merupakan penyempurnaan dan pengoptimalan pada versi Android sebelumnya. Dimana versi ini bisa digunakan pada 2 perangkat sekaligus yakni smartphone dan tablet. Peningkatan lainnya yang juga terlihat jelas adalah dari segi user interface-nya yang lebih clean dan fresh. Tak hanya itu, urusan multitaskingnya juga mengalami peningkatan.

Android v4.1 – v4.3 Jelly Bean

Android v4.1 – v4.3 Jelly Bean

Sedangkan untuk urutan versi android selanjutnya dari Android J adalah OS Android Jelly Bean. OS satu ini secara resmi dirilis pada tanggal 9 Juli 2012. Banyak sekali peningkatan yang disematkan untuk OS satu ini, seperti peningkatan pada kinerja, peningkatan pada fitur keamanan, mendukung emohi dan mendukung bluetooth dengan konsumsi energi yang sedikit.

Android v4.4 Kitkat

Android v4.4 Kitkat

Versi Android K ini sebetulanya tidak disebut-sebut akan mengambil nama Key Lime Pie. Namun, berkat beberapa pertimbangan, akhirnya nama Kitkat-lah yang dipilih. Peningkatan pastinya dibawa oleh versi Android Kitkat ini, seperti pada fitur keamanan, autofocus camera, perekam layar, kemampuan aplikasi, serta pemutaran musik secara offline.

Android v5.0 – v5.1 Lollipop

Android v5.0 – v5.1 Lollipop

Versi Android Lollipop ini adalah yang paling menyitabanyak pengguna dikala itu. Kehadirannya mampu menyaingi beberapa OS lain yang sudah beredar sebelumnya. OS Android Versi Lollipop tersebut secara resmi dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014 lalu. Menariknya, OS Android Versi L ini sudah mendukung prosesor dengan arsitktur 64-bit, sehingga sangat memungkinkan bisa menjalankan perangkat yang mengusung RAM 3GB keatas.

Android v6.0 Marshmallow

Android v6.0 Marshmallow

Ditahun 2015, Versi Android kembali diriliskan dengan awalan huruf M. OS Android terbaru tersebut adalah Marshmallow. Sejumlah peningkatan dan dukungan fitur baru disematkan pada OS Android satu ini, seperti fitur aplikasi stand-by, arsip aplikasi yang lebih besar, back-up data otomatis, dan fitur keamanan Fingerprint.

Android v7.0 Nougat

Android v7.0 Nougat

Urutan versi Android selanjutnya adalah versi 7.0 Nougat yang secara resmi dirilis pada akhir bulan juni 2016. Sebelum kehadirannya, banyak netizen yang berspekulasi bahwa Android versi N ini akan diberi nama Nutella. Namun, pihak google menepis spekulasi tersebut dengan secara resmi memperkenalkan Android N dengan nama Nougat.

Android v8.0 Oreo

Android v8.0 Oreo

Inilah OS Android paling baru dan baru diriliskan di tahun ini yakni OS Android v8.0 Oreo. OS satu ini secara resmi diperkenalkan pada bulan Agustus 2017 lalu. Untuk OS satu ini menuai banyak sekali kontroversi. Google mengajak kepada para netizen untuk menyumbangkan usulan nama yang tepat untuk versi Android O ini. Selain itu, Google juga sempat membingungkan para netizen dengan beredarnya logo Octopus atau gurita yang banyak beranggapan nama tersebutlah yang akan digunakan. Namun, pada akhirnya ternyata Google tetap konsisten memberikan nama kudapan untuk versi OS Androidnya tersebut.

Itulah tadi beberapa urutan versi android dari awal sampai sekarang yang bisa kami bagikan. Semoga yang sudah Admin Juragan Ponsel berikan ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post