Selasa, 24 Oktober 2017

Cara Mengatasi Emergancy Call Pada Android Paling Ampuh

Cara Mengatasi Emergency Call Pada Android – Terkadang kita sering menemukan pada smartphone android yang mengalami Emergency Call. Emergency Call sendiri adalah keadaan dimana koneksi jaringan tidak terdeteksi sama sekali pada smartphone android. Disini Anda tidak akan menemukan sinyal operator yang terdetaksi. Dalam keadaan seperti ini tentunya pengguna tidak akan bisa melakukan aktifitas apapun yang membutuhkan koneksi jaringan. Penyebab Emergency Call only pun cukup banyak yang bisa ditemukan. Keadaan yang seperti ini juga akan membuat kita kesal, bukan?

Ya, sejatinya HP Android ini memang hadir dengan segala kecanggihannya yang sangat luar biasa. Pada HP android kita bisa melakukan apa saja yang pastinya akan mempermudah aktifitas kita sehari-hari. Seperti mencari informasi, mengontrol aktifitas dengan pengingat, mencari alamat, dan lain sebagainya. Namun, apa daya saat smartphone mengalami Emergency Call ini. Hampir 90% aktifitas yang bisa dilakukan pada smartphone sebelumnya, sekarang tidak bisa dilakukan saat HP android mengalami Emergency Call Only.

Nah, jika saat ini smatphone android Anda tersebut mengalami hal yang demikian, berikut ini kami punya tipsnya untuk Anda terapkan. Berikut cara mengatasi Emergency Call pada Android paling ampuh untuk Anda.

Cara Mengatasi Emergancy Call Pada Android

Cara Mengatasi Emergency Call pada Android Paling Ampuh

Android yang mengalami Emergency Call biasanya memang tak disebabkan oleh sesuatu. Ada kalanya beberapa faktor yang menyebabkan HP android mengalami hal demikian. Penyebab munculnya tulisan “Emergency Call Only” pada android tersebut adalah daerah yang anda tinggali saat itu memang sinyalny kurang bagus. Beberapa Operator ada yang masih belum mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Misalnya saja pada daerah pedalaman yang jauh dari jangkauan kota, maka Emergency Call akan menerpa smartphone Android.

Jika memang yang terjadi demikian, maka ada langkah-langkah mudahnya yang bisa Anda lakukan. Simak beberapa langkahnya dibawah ini supaya HP android Anda kembali normal :

  • Langkah pertama, silahkan masuk ke menu “Setelan atau Setting”.
  • Setelah itu pilih Opsi “Wireless and Network”.
  • Selanjutnya scroll ke bawah dan pilih Opsi “Mobile Network”.
  • Terdapat pilihan jaringan, silahkan Anda setting saja ke jaringan 2G saja. Ini artinya smartphone android hanya akan bisa digunakan untuk SMS dan Telephone saja. 
  • Kembali ke layar depan, dan lihat tulisan “Emergency Call Only” tadi sudah hilang.

Selain penyebab diatas, ada faktor lain yang menyebabkan android Emergency Call ini yakni Card Operator yang lecet atau rusak sehingga tidak dapat terdetaksi oleh android. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan Anda ganti saja kartu operator dengan yang baru. Kembali lagi ke layar depan dan lihat apakah tulisan “Emergency Call Only” sudah hilang atau belum. Jika memang tulisan error dilayar tersebut hilang, berarti memang kartu operatornya yang rusak. Namun jika tetap, maka memang smartphone Android Anda yang bermasalah.

Namun, jika memang slot untuk SIM Card pada smartphone dalam keadaan baik dan Card Operator yang rusak atau lecet tersebut dirasa sangat penting untuk diganti, maka Anda bisa melakukan perbaikan pada Card tersebut. Silahkan bersihkan lempengan pada kuningan kartu operator dengan menggunakan minyak kayu putih. Gosokkan saja sedikit minyak kayu putih dengan kain lembut pada lempengan kuningan kartu hingga dirasa bersih. Bila sudah, pasang kembali kartu operator pada smartphone. Sekarang tulisan error “Emergency Call Only” pada layar smartphone akan segera hilang.

Dengan melakukan cara mengatasi Emergency Call pada android paling ampuh diatas, diharapkan sekarang tulisan “Emergency Call Only” pada layar smartphone Android Anda akan segera hilang dan smartphone bisa digunakan secara normal kembali.

Artikel Terkait