Rabu, 17 Mei 2017

Virus Wanna Cry Mengintai, Cegah Sebelum Menjangkit Komputer Anda!

Virus Wanna Cry
Virus Wanna Cry – Indonesia kali ini dihebohkan kembali dengan hadirnya sebuah virus baru yaitu Virus Wanna Cry.  Virus ini tergolong ransome virus atau virus siber yang bisa memeras komputer siapa saja yang sedang terkena virus. 

Dampaknya jika suatu komputer terkena virus Wanna Cry, virus tersebut akan menginfeksi semua data yang ada di komputer sehingga data – data didalam komputer tersebut tidak akan dapat diakses. Bahkan hanya sekedar membaca saja tidak akan bisa dilakukan. Kini, Indonesia memang dalam posisi genting pasalnya ada beberapa rumah sakit yang terserang virus pemerasan ini. Virus ini menyerang rumah sakit Harapan Kita dan Dharmais kemudian menuntut sejumlah uang yang bisa dibayarkan lewat bitcoin setidaknya 4 juta rupiah atau lebih. 

Jika Anda tak ingin komputer Anda mengalami nasib yang sama, kini Anda harus bisa memproteksi komputer Anda. Caranya, Anda bisa langsung simak uraian informasi yang juraganponsel.com berikan dibawah ini!

Tips Cegah Komputer Terjangkit Virus Wanna Cry


Agar komputer tidak terserang virus pemerasan Wanna Cry, tentunya Anda harus punya cara jitu mencegah virus ini menyerang. Tips cegah komputer terjangkit virus Wanna Cry yang bisa Anda lakukan yaitu :

Virus Wanna Cry


  • Pertama sebelum menghidupkan komputer, matikan terlebih dahulu wifi atau hotspotnya supaya tak ada konektor yang tahu IP komputer Anda. Kira – kira seperti itu fungsinya diterapkan langkah ini.
  • Kedua, lakukan backup data ke sistem operasi non windows (Linux atau Mac).
  • Ketiga, lakukan update anti virus di komputer yang Anda kenakan tersebut. Dan jangan lupa lakukan update security pada windowsnya.  
  • Ingat, sebagai langkah pencegahan jangan Anda aktifkan fungsi macrosnya.
Selain itu, ada baiknya juga jika Anda mengetahui cara kerja Wanna Cry virus yang menyerang supaya bisa melakukan tindakan antisipasi. 

Cara kerja dari virus wanna cry ini akan masuk ke sistem komputer setelah pengguna download file tertentu. Jadi si siber biasanya akan menyuruh pengguna komputer untuk melakukan download software berbahaya ke perangkat. Sementara si pengguna komputer tak pernah tahu kalau itu adalah software berbahaya. (Trik kece dari si siber sih sebenarnya sobat).

Hal ini juga sering dilakukan dengan klik link tertentu di internet dan nantinya si korban tidak sengaja akan download link tersebut. Setelah software di download dan berada di komputer korban, maka si hacker akan meluncurkan serangan untuk mengunci file yang ada didalam komputer tersebut. Kemudian si hacker nantinya akan meminta imbalan jika si pengguna komputer ingin membuka kunci dari file yang ada di dalam komputer. Memang virus ini adalah virus pemerasan yang nantinya pembayaran diharapkan melalui bitcoin. Seperti yang kami sebutkan di muka, jika Anda pengguna komputer aktif tidak ingin terserang virus wanna cry baiknya Anda lakukan update windows terbaru karena windows versi lama rentan terserang virus berbahaya virus wanna cry yang kini semakin menyebar luas.

Lalu bagaimana jika komputer kita sudah terserang dengan Wanna Cry virus sementara kita tidak sempat mencegahnya? Berikut beberapa langkah menangani virus siber Wanna Cry yang bisa Anda lakukan diantaranya :

Tindakan pertama


Jika komputer Anda terserang virus siber yaitu wanna cry, virus akan mengunci komputer korban atau mengencrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Nantinya akan muncul pesan meminta tebusan sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin. 

Bagi Anda yang terserang virus wanna cry, cara mengatasinya yang bisa dilakukan yaitu :

  • Update dulu security pada windows Anda dengan install Patch MS 17-010 yang dikeluarkan oleh microsoft. Anda bisa lihat di //technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
  • Jangan aktifkan fungsi macros
  • Non aktfikan fungsi SMB v1
  • Block 139/445 dan 3389 ports
  • Selalu backup file – file penting di komputer Anda untuk disimpan di tempat yang lain.

Tindakan lanjutan


Bagi komputer yang sudah terinfeksi dengan virus siber agar Anda putuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi karena hal ini akan dapat membantu menghentikan penyebaran wanna cry ke komputer lain yang vulnerable. Secara teknis, Anda juga bisa konsultasi ke ID-SIRTII email  incident@idsirtii.or.id.

Anda yang produktif dengan komputer, hati – hati dengan serangan virus dan lakukan tindakan antisipasinya seperti yang juraganponsel.com berikan diatas. Dan bagi Anda yang mungkin ingin melindungi ponsel dari serangan siber, baca :  Tips lindungi smartphone dari siber ala Eric David

Artikel Terkait