Tips Dan Trik Aman Melakukan Rooting Smartphone

12:26
cara aman rooting smartphone
Cara Aman Rooting Smartphone - Smartphone android memang menjadi rajanya dunia teknologi pada beberapa waktu terakhir ini. Alhasil, beredar vendor besar teknologi yang menciptakan smartphone android untuk memenuhi kebutuhan smartphone impian masyarakat dunia, bahkan vendor barupun juga bermunculan. Sebut saja Yotaphone yang saat ini juga membesut produk barunya Yotaphone 2

Persaingan mereka sungguh sangat pesat dan tentunya para penikmat dan peminat produk – produk teknologi dibuat kebingungan memilih produk – produk teknologi tersebut. Namun yang tak kalah menarik untuk disimak bukan hanya soal produk – produk baru teknologi yang saat ini banyak beredar akan tetapi tips dan trik smartphone android juga sangat dibutuhkan.

Dan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara aman rooting smartphone. Tentunya informasi ini juga dibutuhkan karena kabarnya smartphone android tanpa rooting itu belum afdhol. Benarkah? Lantas, apa sih fungsi dari rooting smartphone? Nah, mengenai hal tersebut disini kita akan belajar bersama – sama mengenai fungsi rooting dan cara melakukan rooting yang aman supaya smartphone anda tetap terjaga sobat. Yuk cek informasi di bawah ini!

Cara Aman Rooting Smartphone


Bagi sobat yang suka otak – atik smartphone pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah rooting? Rooting sendiri sebenarnya merupakan suatu proses yang dilakukan untuk memodifikasi sebuah perangkat berbasis android supaya pengguna lebih leluasa dalam mengakses suatu file, command serta system yang ada di androidnya.

Biasanya pengguna smartphone android melakukan rooting supaya bisa mengoptimalkan sistem pada perangkat android yang dimilikinya tersebut. Proses rooting ini juga memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi semua sistem yang ada didalam smartphonenya, ya bisa dibilang hampir sama dengan open source pada perangkat yang berbasis Linux. Namun tentu ada satu hal yang harus anda tahu bahwa melakukan rooting tidak akan selalu happy ending :-) Jika ada kesalahan dalam melakukannya bisa gubrak bahkan akan berakhir dengan sad ending. Tidak mau rooting yang dilakukan sad ending bukan?

Untuk itu kita perlu tahu sebenarnya apa sih manfaat dari melakukan rooting untuk smartphone android? Nah, sebelum kita membahas cara aman rooting smartphone, terlebih dahulu kita akan bahas mengenai fungsi rooting itu sendiri. Yuk simak!

Fungsi Rooting Smartphone


cara aman rooting smartphone


Melakukan rooting memang memiliki resiko, tetapi dengan resiko ini tidak menjadikan penggemar smartphone meninggalkan kegiatan rooting. Lalu apa fungsi dari rooting?

Fungsi utama dari proses rooting yang dilakukan adalah dengan adanya rooting maka pengguna dapat menambah, mengurangi ataupun dapat juga memodifikasi file – file atau data yang ada didalam perangkat berbasis android yang dimilikinya.

Untuk smartphone berbasis android sendiri, beberapa file dari sistemnya memang bersifat locked, karena itu diperlukan rooting supaya file yang tidak dapat dibuka tersebut menjadi unlocked. Dengan begini setelah melakukan rooting anda bisa menjadi administrator yang kemudian secara bebas dapat melakukan customisasi seperti untuk memaksimalkan kinerja android, mengoverclock prosesor bawaan sampai dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak perlu juga bisa anda lakukan. Lalu, bagaimana cara aman rooting smartphone? Disini kita akan membahasnya sobat, jadi jangan beranjak ya dari juraganponsel.com :-)

Cara Aman Rooting Smartphone


Setelah kita membahas tentang fungsi dari rooting smartphone sendiri, kini kita akan coba membahas mengenai cara aman rooting smartphone. Secara garis besar rooting smartphone terbagi atas dua step.

Langkah pertama bisa ditempuh menggunakan bantuan PC sedangkan langkah kedua langsung melakukan proses rooting pada perangkat tanpa bantuan PC. Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah proses rooting pada smartphone berbeda pada tiap produk?

Memang ada yang berbeda dan hal ini tidak bisa kita pungkiri. Sebut saja rooting pada Samsung Galaxy V Kitkat terbaru dan smartphone Xiaomi Redmi 2. Bagi anda yang memiliki smartphone tersebut dapat menyimak informasi rootnya di juraganponsel.com (Baca : Cara Rooting Smartphone Xiaomi Redmi 2 Tanpa PC atau Cara Rooting Dan Instal CWM Samsung Galaxy V Kitkat Terbaru)

Namun satu hal yang harus anda ingat bahwa rooting juga penuh resiko, jika memang anda masih kurang yakin, anda bisa mencoba melakukan rooting pada smartphone anda yang spesifikasinya lebih rendah supaya tidak menyesal :-) Jika berhasil, smartphone spesifikasi tinggipun bisa anda rooting sobat :-)

Cara Root Android Dengan PC


cara aman rooting smartphone


Langkah pertama dari rooting smartphone menggunakan PC, anda bisa menggunakan aplikasi rooting for android. Aplikasi yang bisa anda gunakan yaitu KingoRoot yang bisa anda dapatkan di link download berikut ini

cara aman rooting smartphone


Setelah anda mendownload aplikasi tersebut, pastikan baterai pada smartphone dalam kondisi full charged atau penuh. Hal ini memang harus dilakukan untuk menghindari ponsel mati saat proses rooting sedang berjalan nantinya. Karena jika proses rooting berhenti di tengah jalan, bisa mengakibatkan kegagalan sistem dan mengakibatkan software dan sistem rusak nantinya. Jadi anda harus benar – benar berhati – hati ya sobat jika memang ingin rooting :-) Berikut langkah – langkahnya!

  • Siapkan PC
  • Hubungkan PC dengan smartphone android anda menggunakan USB kompatibel.
  • Jika semua sudah siap, anda langsung saja buka aplikasi KingoRoot kemudian anda cari menu tombol root maka proses rooting akan berjalan otomatis.
  • Perlu anda tahu bahwa proses rooting ini akan memakan waktu beberapa jam jadi, anda bisa menunggu sambil menyeduh susu atau teh atau kopi hangat ya sobat :-)
Kabar menariknya jika anda menggunakan KingoRoot untuk merooting smartphone android, KingoRoot juga memiliki aplikasi “Unroot” sehingga jika memang anda kurang sesuai dapat mengubah smartphone android sama seperti saat belum dirooting jadi bisa kembali seperti semula :-)Sangat praktis bukan? Lalu, bagaimana cara aman rooting smartphone tanpa PC?

Cara Root Android Tanpa PC


cara aman rooting smartphone


Cara melakukan root android tanpa PC kelihatannya lebih asyik karena tidak perlu repot menyiapkan PC. Karena itu banyak penggila smartphone yang lebih memilih rooting android tanpa menggunakan PC.

Dengan melakukan proses rooting tanpa bantuan PC, proses rooting akan berlangsung lebih cepat jika dibandingkan dengan root android dengan PC. Namun anda juga perlu tahu bahwa cara melakukan rooting dengan bantuan android juga memerlukan sebuah aplikasi. Dan aplikasi yang bisa anda gunakan yaitu Framaroot. Untuk mendapatkan Framaroot anda bisa download melalui link download di bawah ini sobat!



Untuk menggunakan Framaroot sangat mudah, cukup anda unduh dan instal aplikasi ini di smartphone anda kemudian anda jalankan dan rooting tanpa PC akan berjalan dengan sendirinya. Perhatikan instruksi di Framaroot dan upayakan smartphone anda dalam keadaan baterai penuh ketika melakukan proses rooting.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara aman rooting smartphone? Jika memang anda yakin anda bisa, anda bisa mencobanya di smartphone android anda. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda sobat :-)

Fitri Karima

Raditiya, Seorang Anak Muda Yang Suka Berbisnis Online, Anime, Gaming, Menulis dan Berbagi Informasi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »